Halaman

Senin, 26 Desember 2011

TEKNIK PENULISAN BERITA FEATURE



Oleh : Agus
Redaktur Senior Harian Nonstop
Disampaikan dalam Pelatihan Jurnalistik Pemuda
Lembaga Analisa Pengembangan Demokrasi Bekerja sama Dengan Kementerian Negara Pemuda dan Olah Raga RI


A.   Beda Gaya Penulisan Berita Koran Harian dengan Tabloet dan Majalah

Gaya Penulisan Berita dengan Feature Pada Koran dan Majalah Berita Para jurnalis yang sudah lama berkecimpung di dunia jurnalistik tahu bahwa kadangkala dalam sebuah peristiwa tidak hanya berupa satu buah kejadian saja. Bisa jadi dalam sebuah peristiwa terdiri dari banyak fragmen-fragmen  kejadian yang layak diberitakan. Di dalam teknik penulisan berita langsung (straight news), jurnalis akan merangkum semua fakta-fakta itu ke dalam sebuah berita lempang dan singkat. Ini biasanya terjadi pada media-media yang menuntut aktualitas yang tinggi seperti koran, radio, TV dan internet.

Namun media yang tidak begitu diikat oleh waktu seperti tabloid mingguan atau majalah bulanan, jika mereka ikut-ikutan menulis seperti ini, tentu medianya tidak akan laku karena sudah basi. Karena itulah mereka harus menggali berita dari sudut pandang yang unik dengan tema yang awet alias tak lekang oleh waktu. Sebagai contoh, dalam sebuah bencana di kota Y, terjadi kejadian sebagai berikut:

1. Sambaran petir dan angin badai meruntuhkan atap gedung berlantai lima.

2. Runtuhan atap itu menimpa mobil yang sedang melintas

3. Pengemudinya, seorang remaja putri, menginggal dunia

4. Dua penumpang terluka Aturan dasar dalam menulis berita lempang adalah menempatkan hal-hal yang paling penting di awal berita. Aturan ini tidak menjadi masalah sepanjang kisah ini hanya mempunyai satu peristiwa yang ditekankan. Namun ketika ada banyak peristiwa yang penting , juga untuk diberitakan, maka tugas jurnalis menjadi semakin rumit. Untuk mengatasi hal ini, ada dua pilihan yang bisa dilakukan: 1) Merangkum semua fakta –dengan urutan penting ke tidak penting pada paragraf pertama, atau 2) Memberi tekanan pada peristiwa tertentu yang paling penting di awal paragraf.

Jika peristiwa di atas ditulis dalam sebuah berita lempang, hasilnya sebagai berikut: “Atap sebuah gedung berlantai lima, runtuh setelah tersambar petir dan tersapu angin badai tadi malam. Runtuhan atap itu menimpa mobil yang sedang melintas, sehingga menewaskan Anastasia Suminem (18 tahun) yang mengemudi mobil itu. Sedangkan dua penumpang lainnya menderita luka-luka serius.” Berita seperti ini biasanya dimuat di koran harian. Namun ketika redaktur tabloid wanita akan mengangkat peristiwa ini, ia harus mencari sudut pandang lain. Ia memberi tugas reporternya untuk mengangkat kisah korban yang meninggal. Inilah hasilnya:

“Seorang remaja putri meninggal dunia (Jumat, 18/4) ketika mobil yang dikendarainya tertimpa atap gedung berlantai lima yang runtuh setelah tersambar petir. Selain itu, dua penumpang yang duduk di belakang menderita luka-luka serius. Saat itu mobil mereka sedang terjebak di kemacetan lalu lintas. Anastasia Suminem (18 tahun) adalah seorang sekretaris PT. Sukar Maju. Ia sedang melintas jl. Sudirman ketika puluhan kubik bata, kayu, besi dan genting itu menghempas mobilnya. Timbunan material itu meringsekkan badan mobil bagian depan sehingga menewaskan Anastasia seketika itu juga. Anastasia adalah seorang karyawati yang menuru penuturan Kristina, rekan kerjanya adalah karyawan periang yang tidak sungkan-sungkan memberi bantuan pada orang lain. Sifat suka menolongnya ini tercermin ketika ia menawarkan untuk mengantarkan pulang Yosafat Tukiyo (23 th) dan Maria Magdalena Pariyem (20 th). Padahal arah rumah Anastasia berlawanan dengan kedua rekannya ini.. …. “ kisah selanjutnya menceritakan tentang Anastasia. Sementara itu, editor majalah bulanan memandangnya dari sisi lain. Ia tertarik pada petir yang menyambar pada saat jam-jam sibuk. Pada saat itu, jalanan macet karena banyak orang pulang kantor pada waktu yang bersamaan. Untuk itu, ia menugaskan anak buahnya untuk mewawancarai pakar Cuaca dan mencari informasi seputar perilaku petir. Nah, begitulah. Untuk peristiwa yang sama, kita bisa menuliskan dalam dua atau lebih berita yang berbeda. Inilah yang disebut pemilihan sudut berita atau news angle.

Pemilihan news angle sebuah media ini biasanya dipengaruhi oleh kebijaksanaan redaksional dan karakteristik pembacanya. Masih ingat kecelakaan tragis Lady Di? Untuk peristiwa yang sama, sebuah tabloid gosip mengangkat sisi perselingkuhan, majalah bulanan mengupas ulah para Paparazi, sedangkan majalah berita berusaha menelusuri penyebab kecelakaan.

Berbeda-beda ‘kan? Ketika sebuah media sudah mendapat point of interest dari sebuah kisah, mereka akan memusatkan perhatian pada satu hal itu saja. Mereka mengumpulkan dan menggali fakta di balik berita lempang untuk disusun menjadi sebuah berita kisah atau news feature. Karena relatif tidak terikat oleh waktu, penulis berita kisah punya kesempatan untuk menyusun kalimat yang menghidupkan imajinasi pembaca. Tulisan ini menarik perhatian pembaca hingg masuk ke dalam cerita itu dengan membantu mengidentifikasi diri dalam tokoh utama. Feature dapat menyentuh emosi pembaca sehingga mereka penasaran, skpetis, kagum, heran, tertawa, menangis, dongkol, senang dsb. Menurut Wiliamson, “Feature adalah tulisan kreatif yang terutama dirancang untuk memberi informasi sambil menghibur tentang suatu kejadian situasi atau aspek kehidupan seseorang”. Masih kata Wiliamson, feature menekankan unsur kreativitas (dalam penciptaan), informatif (isinya) dan menghibur (gaya penulisannya) dan boleh subyektif (penuturannya). Ketiga syarat utama ini mutlak ada dalam feature, sedangkan unsur subyektifitas tidak mutlak. Kalau ada juga boleh, terutama untuk feature sisi manuniawi (human interest).
B, Tips Menulis Berita Berikut ini adalah tips dalam menulis berita:

1. Tulislah berita yang menarik dengan menerapkan gaya bahasa percakapan sederhana . Tulislah berita dengan lead yang bicara. Untuk menguji lead anda “berbicara” atau “bisu” cobalah dengan membaca tulisan yang dihasilkan. Jika anda kehabisan nafas dan tersengal-sengal ketika membaca maka led anda terlalu panjang.

2. Gunakan kata/Kalimat Sederhana. Kalimat sederhana terdiri dari satu pokok dan satu sebutan. Hindari menulis dengan kata keterangan dan anak kalimat. Ganti kata-kata yang sulit atau asing dengan kata-kata yang mudah. Bila perlu ubah susunan kalimat atau alinea agar didapat tulisan yang “mengalir”. Ingat KISS (Keep It Simple and Short).

3. Hindari kata-kata berkabut. Kata-kata berkabut adalah tulisan yang berbunga-bunga, menggunakan istilah teknis, ungkapan asing yang tidak perlu dan ungkapan umum yang kabur. Yang diperlukan BI ragam jurnalistik adalah kejernihan tulisan (clarity).

4. Libatkan pembaca. Melibatkan pembaca berarti menulis berita yang sesuai dengan kepentingan, rasa ingin tahu, kesulitan, cita-cita, mimpi dan angan-angan. Tapi ingat: jangan sampai terjebak menulis dengan gaya menggurui atau menganggap enteng pembaca. Melibatkan pembaca berarti mengubah soal-soal yang sulit menjadi tulisan yang mudah dimengerti pembaca. Melibatkan pembaca juga didapat dengan menulis sesuai rasa keadilan yang hidup di masyarakat.

5. Gantilah kata sifat dengan kata kerja. Baca kalimat ini: “Seorang perempuan tua yang kelelahan bekerja di sawahnya!” Bandingkan dengan: “Seorang perempuan tua membajak, kepalanya merunduk, nafas-Nya tersengal-sengal!”.

6. Gunakan kosakata yang tidak memihak Baca kalimat ini: Seorang ayah memperkosa anak gadisnya sendiri yang masih Berusia 12 tahun Bandingkan dengan: Perkosaan menimpa anak gadis yang berusia 12 tahun.

7. Hindari pemakaian eufemisme bahasa. Baca kalimat: Selama musim kemarau terjadi rawan pangan di Gunung Kidul Bandingkan dengan: Selama musim kemarau terjadi kelaparan di Gunung Kidul Untuk membuat posting-an berita/artikel diharapkan kita sebagai warga masyarakat yang bermoral baik dan bertanggung jawab, mampu memberikan informasi yang akurat dan dapat dipercaya. Untuk berita/artikel yang diambil dari sumber lain, mohon disertakan sumber berita/artikel tersebut. Jangan lupa untuk memberikan informasi sedetil mungkin agar informasi anda bermanfaat bagi kita semua.

Beberapa tips untuk membuat berita:

1. Apa yang terjadi?
2. Kapan terjadinya?
3. Siapa saja yang terlibat?
4. Sebab musabab terjadinya?
5. Bagaimana kisah terjadinya?

Jenis-jenis Lead Hubungan antara lead dan sudut berita begitu memaksa reporter untuk memikirkan lead sejak masih di lapangan. Bahkan, penentuan lead di lapangan sangat membantu mengarahkan pengumpulan bahan. Di bagian ini akan kita coba uraikan 16 buah lead disertai contoh yang membantu:

1. Lead PASAK (Peg) Apakah yang menjadi gara-gara atau pelatuk peristiwanya? Misalnya, ada berita seorang Ibu yang putus asa karena ditinggal suami kawin lagi. Nah, pelaku peristiwa inilah yang akan menjadi lead. Putus asa karena ditinggal suami yang kawin lagi, seorang Ibu tega menggantung tiga anaknya kemarin siang di Cipanas. Ketiga korban berumur 4, 6, dan 8 tahun itu masih berpakaian seragam sekolah lengkap.

2. Lead KONTRAS Ada berita terpilihnya TD Pardede sebagai Ketua Asosiasi Pengusaha Tekstil Indonesia di sebuah hotel mewah di Jakarta. Padahal, TD Pardede sedang berada di Medan. Selama ini TD Pardede dikenal orang sederhana, tidak kaya, namun ia terpilih sebagai ketua lembaga yang prestise. Di Medan, di kantor yang modern ber-AC, di balik meja tua yang sudutnya bekas terbakar, TD Pardede menerima pemilihannya sebagai Ketua Asosiasi Pengusaha Tekstil Indonesia. Berita itu disampaikan dengan telepon tadi malam dari Jakarta, tempat pemilihan itu berlangsung.

3. Lead PERTANYAAN Ada berita tentang pemberantasan minuman keras di beberapa kota. Berapa ratus Baileys-kah untuk memulihkan sebuah kebahagiaan? Bismoko (45) bukan nama sebenarnya, salah seorang peminum berat yang kepergok kemarin di salah satu bar Jakarta, menjawab dua botol sekali minum, dua kali sehari, 25 hari sebulan. Ia seorang pengusaha (rekanan pemerintah) yang sukses, tetapi seorang suami yang malang, menurut pengakuannya.

4. Lead DESKRIPTIF Ada berita tentang gempa bumi yang terjadi di Jakarta. Peristiwa itu terjadi akibat adanya pergeseran lapis bumi di Pantai Pelabuhan Ratu. Gedung […] masih mencakar langit sampai jam 14.35 kemarin, ketika tiba-tiba puncaknya gemetar, hanya satu menit, lalu retak kecil membelah dari atas sampai ke bawah. Tidak seorang pun penghuninya sempat berteriak, tahu-tahu gedung itu sudah berubah jadi puing berlepotan darah, korban gempa berkekuatan gempa pada skala Richter

5. Lead STAKATO Ada berita tentang perebutan Piala Tommy dalam lomba balap mobil. Ada lima finalis yang dijagokan dalam ajang bergengsi itu. Wus, wus, wus! Lima mobil balap serentak meraung. Kuning-merah-hijau-putih-hitam. Hayo, hayo, hayo! Penonton serentak berteriak dan berjingkrak. Laki-perempuan-tua-muda. Urutan warna tidak berubah. Finish! Mobil kuning sudah pasti menang setelah tikungan maut itu, kemarin sore di sirkuit Sentul.

6. Lead LEDAKAN Seorang lelaki keriput bagai buah markisa tua tertatih-tatih di tengah peserta seminar parapsikologi kemarin di Jakarta. Tiba-tiba sidang gempar. Lelaki itu menghamburkan serbuk merica ke seluruh ruangan, menyebabkan orang ramai bersin. Dengan itulah seminar resmi dibuka.

7. Lead FIGURATIF Bagai siang memeluk malam, begitulah perkawinan Firman (27) dan Fiona (54) kemarin sore di Cibubur. Beda usia yang besar tampak tidak mampu membedakan, malah menyamakan keduanya.

8. Lead EPIGRAM (Ungkapan khas) Sudah diberi hati minta jantung pula. Seorang suami diancam cerai oleh istrinya di PN Jakarta Pusat kemarin pagi. Suami itu dituduh memperkosa anak tirinya, anak si istri dari perkawinan terdahulu, sementara istri membanting tulang dengan berjualan di pasar. Si suami menolak tuduhan. Katanya malah dirinya yang dipaksa oleh anak tirinya.

9. Lead LITERER Kisah Si Kabayan terulang di Ciputat kemarin sore. Seorang lelaki muda dituduh oleh penduduk mencuri sapi. Lelaki itu membantah. Alasannya, dia hanya memungut tali jerami yang melintang di jalan. Bukan salahnya, kata lelaki itu, jika di ujung tali tersebut terikat seekor sapi.

10. Lead PARODI Gara-gara terlalu bersemangat mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatan olahraga, rumah pun disatroni maling. Itulah yang menimpa keluarga X ketika seisi rumahnya, termasuk pembantu, meninggalkan rumah untuk lari di Monas Minggu pagi.

11. Lead KUTIPAN “Akan saya gebuk,” kata Presiden Soeharto kemarin di Boyolali, mereka yang mencoba mengganti presiden dengan cara-cara yang tidak konstitusional.

12. Lead DIALOG/PERCAKAPAN “Betulkah Saudara mencuri sapi?” “Tidak Pak Hakim. Saya hanya menarik tali. Eh, tahu-tahu ada anak sapi di ujungnya.” Begitulah dialog hakim dan tersangka kemarin siang di PN Jakarta Selatan.

13. Lead KUMULATIF Lead kumulatif menyajikan peristiwa secara berurut, membawa pembaca sampai pada antiklimaks peristiwa. Polisi menerima laporan seorang gadis di Menteng, Jakarta Pusat kemarin sore. Konon di rumahnya ada cairan nitrogliserin, bahan pokok pembuat bom. Sepasukan polisi segera datang menggeledah kulkas, tempat cairan itu. Si gadis mengatakan, ia panik saat menerima botol itu dari temannya dan disuruh untuk melemparkannya pada siapa pun yang berani mengganggu. Ketika polisi menemukan dan memeriksanya, benda itu ternyata cuma lem.

14. Lead SUSPENSI (sama persis dengan lead no 13)

15. Lead URUTAN (idem ditto).

16. Lead SAPAAN Anakku, bagaimana kabarmu di sekolah? Apakah kamu senang belajar bersama teman-temanmu? Ah, tentu kamu senang belajar membaca, menulis, bermain di taman, dan sebagainya. Kisah berikut ini ternyata cuma mimpi bagi Syafitri Mutia, putri kedua Menteri Komunikasi dan Informasi Dr Sofyan A Djalil.

c. Langkah-langkah Menulis Berita Setelah menentukan LEAD.

kita perlu menginterventarisasi jenis-jenis keterangan yang telah dikumpulkan di lapangan, yaitu JALAN CERITA dari PERISTIWA yang hendak Anda laporkan. Hasil investarisasi inilah yang perlu dibongkar pasang sampai terasa pas dengan JALAN CERITA yang ditemukan. Itulah pula yang jadi sub judul dari berita.

Setelah merumuskan LEAD, mulailah kita menata BADAN BERITA. Satu hal yang perlu diingat ialah tempatkanlah hasil inventarisasi yang kurang penting di bagian belakang berita. Semakin kurang penting unsur inventarisasi, semakin ke belakang tempatnya dalam berita. Inilah yang disebut dikenal dengan cara PIRAMIDA TERBALIK. Singkatnya, ada resep yang bisa Anda tuliskan sebagai berikut:

Tulislah lead yang “bicara”, yang “bercakap”. Tulislah berita seperti layaknya Anda mengisahkannya secara lisan, * Tulislah lead pendek, paling banter 30 kata, atau tiga baris ketikan, * Bila pikiran mulai agak kacau ketika menulis, pilah-pilah lead Anda yang rumit itu dalam dua/tiga kalimat, * Sebisa mungkin gunakanlah kalimat pernyataan yang sederhana. Usahakan tak lebih dari 20 kata. * Gunakan kata-kata sederhana, bukan yang berkabut. * Hindarkan kata-kata teknis, atau istilah asing yang kurang perlu, * Usahakan kata-kata konkret, “Jangan katakan, tapi tunjukkan”, * Sebanyak mungkin pakai kata kerja yang aktif, yang menggembarkan tindakan, gerak. Sebisa mungkin hindari kata-kata sifat. * Berkisahlah untuk pembaca, dan * Berkisahlah seperti melukis. Feature Feature adalah artikel yang kreatif, kadang kadang subyektif, yang terutama dimaksudkan untuk membuat senang dan memberi in-formasi kepada pembaca tentang suatu kejadian, keadaan atau aspek kehidupan.

Feature memungkinkan reporter ‘’menciptakan’’ sebuah cerita. Meskipun masih diikat etika bahwa tulisan harus akurat karangan fiktif dan khayalan tidak boleh, reporter bisa mencari feature dalam pikirannya, setelah mengadakan penelitian terhadap gagasannya itu, ia menulis. Secara kasar karya jurnalistik bisa dibagi menjadi tiga, pertama stright/spot News berisi materi penting yang harus segera dilaporkan kepada publik (sering pula disebut breaking news) Kedua, news feature, memanfaatkan materi penting pada spot news, umumnya dengan memberikan unsur human/manusiawi di balik peristiwa yang hangat terjadi atau dengan memberikan latar belakang (konteks dan perspektif) melalui interpretasi.Dan ketiga, feature bertu-juan untuk menghibur melalui penggunaan materi yang menarik tapi tidak selalu penting.

Dalam persaingan media yang kian ketat tak hanya antar media cetak tapi juga antara media cetak dengan televisi, straight/spot news seringkali tak terlalu me-mu-askan. Spot news cenderung hanya berumur sehari untuk kemudian dibuang, atau bahkan beberapa jam di te-levisi. Spot news juga cenderung menekankan seka-dar unsur elementer dalam berita, namun melupakan back-ground. Kita memerlukan news feature, perkawinan an-tara spot news dan feature. Karena tradisi ini relatif baru, kita perlu terlebih dulu memahami apa unsur-unsur dan aspek mendasar dari feature.

1. a. Subyektifitas Beberapa feature ditulis dalam bentuk ‘’aku’’, sehingga memungkinkan reporter memasukkan emosi dan piki-rannya sendiri. Meskipun banyak reporter, yang dididik dalam reporting obyektif, hanya memakai teknik ini bila tidak ada pilihan lain, hasilnya enak dibaca. Tapi, reporter-reporter muda harus awas terhadap cara seperti itu. Kesalahan umum pada reporter baru adalah kecenderungan untuk menonjolkan diri sendiri lewat pe-nulisan dengan gaya ‘’aku’’. Kebanyakan wartawan ka-wakan memakai pedoman ini: ‘’Kalau Anda bukan tokoh utama, jangan sebut-sebut Anda dalam tulisan Anda.’’

1. b. Informatif Feature, yang kurang nilai beritanya, bisa memberikan informasi kepada masyarakat mengenai situasi atau aspek kehidupan yang mungkin diabaikan dalam penu-lisan berita biasa di koran. Misalnya tentang sebuah Mu-seum atau Kebun Binatang yang terancam tutup. Aspek informatif mengenai penulisan feature bisa juga dalam bentuk-bentuk lain. Ada banyak feature yang enteng-enteng saja, tapi bila berada di tangan penulis yang baik, feature bisa menjadi alat yang ampuh. Feature bisa menggelitik hati sanubari manusia untuk menciptakan perubahan konstruktif.

1. c. Menghibur Dalam 20 tahun terakhir ini, feature menjadi alat penting bagi surat-kabar untuk bersaing dengan media elektronika. Reporter suratkabar mengakui bahwa me-reka tidak akan bias ‘’mengalahkan’’ wartawan radio dan televisi untuk lebih dulu sampai ke masyarakat. War-tawan radio dan TV bias mengudarakan cerita besar hanya dalam beberapa menit setelah mereka tahu. Se-mentara itu wartawan koran sadar, bahwa baru beberapa jam setelah kejadian, pembacanya baru bisa tahu sesuatu kejadian setelah koran diantar. Wartawan harian, apalagi majalah, bisa mengalahkan radio dan TV, dengan cerita eksklusif. Tapi ia juga bisa membuat versi yang lebih mendalam (in depth) menge-nai cerita yang didengar pembacanya dari radio. Dengan patokan seperti ini dalam benaknya, reporter selalu mencari feature, terhadap berita-berita yang paling hangat. Cerita feature biasanya eksklusif, sehingga tidak ada kemungkinan dikalahkan oleh radio dan TV atau koran lain. Feature memberikan variasi terhadap berita-berita ru-tin seperti pembunuhan, skandal, bencana dan perten-tangan yang selalu menghiasi kolom-kolom berita, feature bias membuat pembaca tertawa tertahan. Seorang reporter bisa menulis ‘’cerita berwarna-warni’’ untuk menangkap perasaan dan suasana dari sebuah peristiwa. Dalam setiap kasus, sasaran utama adalah bagaimana menghibur pembaca dan memberikan kepadanya hal-hal yang baru dan segar.

1.    d. Awet Menurut seorang wartawan kawakan, koran kemarin hanya baik untuk bungkus kacang. Unsur berita yang se-muanya penting luluh dalam waktu 24 jam. Berita mudah sekali ‘’punah’’, tapi feature bisa disimpan berhari, ber-minggu, atau berulan bulan. Koran-koran kecil sering membuat simpanan ‘’naskah berlebih’’ kebanyakan feature. Feature ini diset dan disimpan di ruang tata mu-ka, karena editor tahu bahwa nilai cerita itu tidak akan musnah dimakan waktu.

Dalam kacamata reporter, feature seperti itu mempunyai keuntungan lain. Tekanan deadline jarang, sehingga ia bisa punya waktu cukup untuk mengadakan riset secara cermat dan menulisnya kembali sampai mem-punyai mutu yang tertinggi. Sebuah feature yang mendalam memerlukan waktu cu-kup. Profil seorang kepala polisi mungkin baru bisa dipe-roleh setelah wawancara dengan kawan-kawan seker-janya, keluarga, musuh-musuhnya dan kepala polisi itu sendiri.

Diperlukan waktu juga untuk mengamati tabiat, reaksi terhadap keadaan tertentu perwira itu. Singkat kata, berbeda dengan berita, tulisan feature memberikan penekanan yang lebih besar pada fakta-fakta yang penting, fakta-fakta yang mungkin merang-sang emosi (menghibur, memunculkan empati, disampil tetap tidak meninggalkan unsure informatifnya). Karena penakanan itu, tulisan feature sering disebut kisah hu-man interest atau kisah yang berwarna (colourful).

Teknik penulisan feature Jika dalam penulisan berita yang diutamakan ialah pengaturan fakta-fakta, maka dalam penulisan feature kita dapat memakai teknik ‘’mengisahkan sebuah cerita’’. Memang itulah kunci perbedaan antara berita ‘’keras’’ (spot news) dan feature.

Penulis feature pada hakikatnya adalah seorang yang berkisah. Penulis melukis gambar dengan kata-kata: ia meng-hidupkan imajinasi pembaca; ia menarik pembaca agar masuk ke dalam cerita itu dengan membantunya mengidentifikasikan diri dengan tokoh utama. Penulis feature untuk sebagian besar tetap menggunakan penulisan jurnalistik dasar, karena ia tahu bahwa teknik-teknik itu sangat efektif untuk berkomunikasi. Tapi bila ada aturan yang mengurangi kelinca-hannya untuk mengisahkan suatu cerita, ia segera menerobos aturan itu. ‘’Piramida terbalik’’ (susunan tulisan yang meletakkan informasi-informasi pokok di bagian atas, dan informasi yang tidak begitu penting di bagian bawah – hingga mu-dah untuk dibuang bila tulisan itu perlu diperpendek) se-ring ditinggalkan. Jenis-jenis Feature Feature kepribadian Profil mengungkap manusia yang menarik. Misalnya, tentang seseorang yang secara dra-matik, melalui ber-bagai liku-liku, kemudian mencapai ka-rir yang istimewa dan sukses atau menjadi terkenal ka-rena kepribadian mereka yang penuh warna. Agar efektif, profil seperti ini harus lebih dari sekadar daftar pen-capaian dan tanggal tanggal penting dari kehidupan si individu. Profil harus bisa mengung-kap karakter manusia itu. Untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan, penulis feature tentang pribadi seperti ini seringkali harus meng-amati subyek mereka ketika bekerja; mengunjungi ru-mah mereka dan mewawancara teman-teman, kerabat dan kawan bisnis mereka.

SEKIAN DAN TERIMA KASIH

MAKALAH PELATIHAN JURNALIST PEMUDA LEMBAGA ANALISA PENGEMBANGAN DEMOKRASI ‘KONSEP DASAR PENULISAN BERITA UNTUK JURNALIS RADIO’

Oleh : Adam Rumbaru
Ketua LAPD

A.   Apa itu berita...?

·         Berita adalah sesuatu yang segera, sesuatu yang penting, dan hal-hal lain yang berdampak pada kehidupan kita.
·         Berita, informasi atau informas penting, peristiwa-peristiwa segar yang dilaporkan.

Freda Morris, NBC

Ketika anjing menggigit orang, itu bukan berita, tetapi ketika orang menggigit anjing, itulah berita.

B.   Elemen-elemen bertita

1.    Kedekatan (Proximity)

‘ Gempa Bumi di Chile, Tidak Banyak Korban’

Judul berita utama di atas nampak tidak menarik. Berita itu dimaksudkan untuk dijadikan segala sesuatu. Namun berita itu tidak dramatis, jauh dan tidak penting, walaupun ada ironi bagi orang yang tinggal di Chile, khususnya keluarga korban.

Tetapi berita semacam itu sebenarnya memiliki sesuatu untuk dikatakan yakni keaslian/natural news. Karena sebuah berita yang berdampak, dan ceritra itu ada relevansinya. Berita yang relevan harus memiliki kedekatan.

2.    Relevansi (Relevance)

Bahkan ketika jurang kedekatan itu dipersempit, sebuah item berita mungkin gagal menarik kelompok yang berbeda dalam sebuah negara yang sama. Harga kopi yang melonjak mungkin menggoyang para pebisnis di Nairobi, tetapi tidak berdampak pada nelayan dan perajin di Mombassa. Tetapi, jika harga kopi merosot, komuditas itu tidak laku dan akan menumpuk di rumah setiap orang dikenya-ekonomi akan merosot dan semua orang akan merasakan dampaknya.

Tetapi jika sebuah cerita memiliki relevansi dan kedekatan, dampaknya akan tergantung pada lingkungan seseorang, pendidikan, latar belakang, kepercayaan, dan moralitas mereka.

3.    Kesegaran (immediacy)

·         Koran kemarin digunakan untuk membungkus ikan dan siaran kemarin sama sekali tidak ada maknanya apa-apa (Marlin Mayor).
·         Kekuatan radio berada pada kesegarannya. Manfaatkan itu dengan memperbaharui ceritra secara konstan dan jagalah itu selalu segar. Kita sedang bercerita kepada pendengar apa yang sedang terjadi saat ini.
·         Berita radio adalah apa yang terjadi lima menit yang lalu dan dampaknya adalah apa yang akan terjadi dalam lima menit mendatang.

Bagi jurnalis radio, apa yang terjadi kemarin adalah sesuatu yang sudah mati dan terkubur. Harus ada sesuatu yang baru untuk dikatakan, sudut-sudut yang segar, dengan pokok-pokok berita berdimensi jam, bahkan apa yang terjadi pada misalnya pukul 11.00, berita itu harus diperbaharui pada tengah hari (pukul 12.00). dengan kata lain, berita itu adalah semata-mata berita yang selalu baru.

4.    Daya tarik

Bermanfaat, tetapi majemukkan adalah salah satu kritik yang paling pantas anda peroleh terhadap laporan berita yang anda buat. Berita harus membuat pendengarnya menghela nafas dan berteriak, bangkit, dan mendengarkan.

Siaran berita sering dikritik karena hanya sebagai calo, membantu orang lain untuk memuaskan kesenangannya dengan selera tertentu, padahal secara alamiah siaran itu untuk kepentingan massa, bukan untuk golongan tertentu. Cerita-cerita dalam berita harus memiliki daya tarik yang luas, kalau tidak sebagian besar pendengar akan berpindah saluran.

Ketrampilan penulis berita adalah bagaimana ia dapat menggambarkan relevansi sebuah cerita dan menampilkannya secara jelas. Faktual, dan menarik. Dengan cara ini penulis berita dapat memberi pendengar apa yang ia butuhkan untuk tahu begitu pula apa yang ia inginkan untuk diketahui.

Elemen yang paling menarik dalam berita diantaranya para pebisnis yang menonjol, selebritis, para politisi yang punya nama besar, royalti, para elit, dan orang-orang yang menarik kita karena mempunyai keingintahuan yang besar, kecemburuan,kekaguman, serta orang-orang yang tindakan dan keputusannya memiliki pengaruh dan membentuk keberadaan kita.

5.    Drama

Berbagai peristiwa dramatis dapat dibuat sebagai kepala berita utama (headlines). Penembankan, kejahatan dengan kekerasan,penyelamatan peristiwa kecelakaan oleh tim SAR dapat dijadikan buletin yang menonjol. Hal-hal yang membuat kesenangan, peristiwa-peristiwa yang berbahaya, petualangan, dan konflik harus mendapatkan perhatian yang besar dari penulis berita.

6.    Hiburan

Dalam lingkungan jurnalistik, berita hiburan mungkin kurang pantas, tetapi bisnis pertunjukan masih tetap menjadikan hiburan itu menjadi berita yang berbobot

7.    Informasi atau berita

‘Steven Mc. Bride is 20 years old’

Apa itu? Itu hanya sebuah informasi, bukan berita.” Separo dari hidupnya yang singkat telah dihabiskan dalam penjara dan tahanan dan lembaga permasyarakatan lainnya,”

Pernyata itu kedengaran menyedihkan dan mungkin menarik bagi seseorang karena itu sesuatu yang tidak biasa. Namun itu masih bukan berita. Steven MC Bride keluar dari penjara hari ini....dan ia menjadi orang yang bebas.

Itu sebuah informasi yang memiliki daya tarik karena ada sesuatu yang baru yaitu diakeluar dari penjara, tetapi itu masih belum menjadi berita.

‘Tiga bulan yang lalu, Mc Bride diputus hukuman seumur hidup karena membunuh orang tuanya.’

Sekarang informasi ini penting. Bagaimana bisa, seorang yang telah dipenjara karena membunuh orang tuanya dibiarkan keluar dari penjara setelah hanya tiga bulan mendekam?

‘ Bukti baru ditemukan dan menunjukan bahwa Mc. Bride tidak melakukan pembunuhan dan pembunuhannya masih belum tertangkap dan telah melakukan pembunuhan lagi.’
Informasi ini baru, menarik dan penting, tetapi untuk menjadi lebih berbobot, harus ada relevansinya dengan pendengar. Jika pembunuhan itu dilakukan di kota anda-itu baru berita, sehingga radio dan TV lokal hampir pasti memberitakanitu sebagai berita utama.

8.    Jenis berita

Jenis berita ditetapkan pada kategori sebagai berikut:

a)    Keadaan darurat (emergency)


Emergency ini adalah peristiwa yang berkaitan dengan drama kemanusiaan, misalnya kebakaran, penyelamatan korban kecelakaan di laut dan di gunung-dimanapun ketika kehidupan manusia berada dalam risiko, selalu ada cerita/berita di dalamnya.

b)   Kejahatan

Kejahatan yang meningkat menjadi berita yang layak dilaporkan. Semakin luas kawasan suatu daerah semakin banyak kejahatan terjadi, namun hanya peristiwa kejahatan yang serius yang bisa dilaporkan.

c)    Pemerintah daerah dan pemerintah pusat

Setiap tindakan/keputusan pemerintah baik pusat maupun daerah berdampak pada pendengar dan apapun yang dampaknya bagi pendengar,merupakan berita. Untuk menghindari agar berita dari pemda tidakberlimapah,kita melaporkan peristiwa yang berdampak pada sebagian besar masyarakat saja.

d)   Perencanaan dan pembangunan
Perencanaan dan pembangunan gedung kompleks hiburan, mall, jalan baru, kota satelit, waduk, dan proyek besar lainnya yang berdampak pada masyarakat sekitarnya merupakan sumber berita yang layak digali dan dilaporkan.

e)    Konflik dan kontroversi

Hampir pasti bahwa segala sesuatu yang mengancam kedamaian masyarakat, kemakmuran dan kesejahteraan menjadi berita dan pantas menjadi headlines.

f)     Kelompok penghasut

Kelompok penghasut adalah orang-orang yang mengorganisasikan diri mereka untuk memunculkan konroversi. Mereka ingin merubah atau melawan, sehingga tuntutan mereka biasanya menjadi berita. Reaksi terhadap kebijakan pemerintah, peristiwa lain  dan pembangunan bisa menjadi berita yang berkesinambungan.

g)   Industri
Perolehan pekerjaan adalah faktor penting dalam kehidupan manusia. Oleh sebab itu, pembangunan di sektor industri menjadi berita besar. Pemutusan hubungan kerja (PHK) atau perekrutan pekerja baru yang berdampak pada kemakmuran menjadi berita yang layak dilaporkan.

h)   Kesehatan

Peristiwa yang berkaitan dengan kesehatan masyarakat dari kegiatan donor darah hingga mewabahnya penyakit sapi gila, flu burung, flu babi,menjadi berita penting bagi masyarakat.

i)     Human interest

Peristiwa kemanusiaan yang luar biasa atau lain dari pada yang lain menjadi berita yang menarik,misalnya sesuatu yang tidak biasa,ironis, dan kejadian-kejadian-kejadian yang menjadi buah bibir/gossep masyarakat.

j)     Figur publik (Personalities)

Kunjungan figur publik, misalnya para politisi biasanya menjadi berita yang dibutuhkan masyarakat,khususnya ketika kunjungan itu berkaitan dengan peristiwa-peristiwa lokal. Secara nasional. Semakin terkenal nama figur publik itu semakin gencar berita dibuat.

k)    Olah raga

Peristiwa-peristiwa olah raga,baik regional, nasional, dan internasional biasanya dinantikan berita oleh pendengar, bahkan ketika tim daerahnya bertanding di luar propinsi atau pulau, penggemar fanatik menuntut peristiwa itu untuk selalu diberitakan bahkan disiarkan secara langsung.

l)     Peristiwa musiman

Peristiwa musiman di anataranya arus balik/mudik lebaran di Indonesia, perayaan natal, musim PHK, dan sebagainya dapat dikemas menjadi berita yang menarik dengan pemilihan sudut pandang.

m)  Cuaca

Berita cuaca yang selalu diperbaharui menjadi informasi/berita lokal yang sangat dibutuhkan masyarakat. Banyak media televisi menyediakan dana yang cukup besar untuk memberikan pelayanan tentang cuaca yang berkualitas.

n)   Lalu litas (traffic)

Informasi pertama yang banyak orang inginkan di pagi hari adalah arus lalu lintas lancar untuk bepergian ke tempat kerja. Radio adalah satu-satunya media yang dapat memberi informasi bagi orang yang berkendaraan mobil. Dalam masyarakat yang beroientasi mobil ketika berangkat kerja, informasi lalu litas dan perjalanan akan banyak didengar oleh mereka.

Untuk peristiwa-peristiwa yang tidak masuk dalam kategori di atas, evaluasinya apakah pantas dijadikan berita didasarkan pada pertanyaan sebagai berikut : Apakah peristiwa itu:

Ø  Relevan?
Ø  Penting?
Ø  Tragis?
Ø  Luar biasa?
Ø  Menarik?
Ø  Controversial?
Ø  Lucu?
Ø  Ironis

SEKIAN DAN TERIMA KASIH